Anda Disini
Beranda > Artikel > ๐Ÿ’ก Barangsiapa yang Meninggalkan Sesuatu Karena Allah, Maka Allah Akan Menggantinya Dengan yang Lebih Baik

๐Ÿ’ก Barangsiapa yang Meninggalkan Sesuatu Karena Allah, Maka Allah Akan Menggantinya Dengan yang Lebih Baik

ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…

๐Ÿ’Ž MUTIARA HADITS

๐ŸŒบ Rosulullah ๏ทบ bersabda:

ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽุฏูŽุนูŽ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ุงุชู‘ูู‚ูŽุงุกู‹ ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุขุชูŽุงูƒูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ู

“Sesungguhnya engkau tidaklah meninggalkan sesuatu karena Allah (karena bertakwa kepada Allah), kecuali Allah akan memberikan kepadamu (ganti) yang lebih baik dari apa yang engkau tinggalkan tersebut”

๐Ÿ“– Hadits Riwayat Ahmad dan selainnya, dishohihkan oleh para Ulama, diantaranya oleh Syaikh Al-Albaniy dan Syaikh Muqbil ุฑูŽุญูู…ูŽู‡ูู…ู ุงู„ู„ู‘ู‡ู

๐ŸŒธ Pada Hadits ini terdapat bimbingan dari Nabi ๏ทบ agar seseorang itu meninggalkan hal-hal yang jelek kepada hal-hal yang baik, yang diperbolehkan oleh Allah ๏ทป.

Barangsiapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, karena mengharapkan ridho Allah, maka niscaya Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik.

Dan hadits ini berlaku umum pada hal apa saja, baik dalam masalah pekerjaan, memilih teman, memilih lingkungan yang baik, ataupun hal-hal lainnya.

Barangsiapa yang meninggalkan pekerjaan yang haram karena Allah, maka pasti Allah akan menggantinya dengan pekerjaan yang lebih baik.

Barang siapa meninggalkan temannya yang jelek karena Allah, maka pasti Allah akan menggantinya dengan teman yang lebih baik, dan begitu seterusnya..

Oleh karena itu seseorang itu jangan takut, jangan khawatir ketika dia meninggalkan sesuatu karena Allah bahwasanya kehidupannya akan menjadi kacau, menjadi porak poranda, karena sesungguhnya Allah pasti akan menolongnya.

๐Ÿ’Ž Allah ๏ทป berfirman:

ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชู‘ูŽู‚ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุฎู’ุฑูŽุฌู‹ุง

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.”

๐Ÿ“– Q.S Ath-Tholaq ayat 2

Semoga Allah senantiasa membimbing kita semua..

โ— Peringatan :

Adapun Hadits dengan lafazh:

ู…ุง ุชุฑูƒ ุนุจุฏ ุดูŠุฆุง ู„ู„ู‡ ู„ุง ูŠุชุฑูƒู‡ ุฅู„ุง ู„ู„ู‡ ุฅู„ุง ุนูˆุถู‡ ู…ู†ู‡ ู…ุง ู‡ูˆ ุฎูŠุฑ ู„ู‡ ูู‰ ุฏูŠู†ู‡ ูˆุฏู†ูŠุงู‡

“Tidaklah seorang hamba meninggalkan sesuatu karena Allah, tidaklah ia meninggalkannya kecuali karena Allah, melainkan Allah akan mengganti untuknya dengan apa yang lebih baik baginya dalam agamanya dan dunianya”

Maka Hadits dengan lafazh yang ini adalah Hadits Palsu, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Syaikh Al-Albaniy di kitab Adh-Dho’ifah, Hadits nomor 5.

Cukuplah bagi kita lafazh Hadits yang Shohih yang telah kita sebutkan di atas tadi.

Baarokallahu fiikum..
Semoga Allah memberkahi kita semua..

๐Ÿ–‹ Ust. Karim bin Zaiful Karim

โณ 3 Dzulhijjah 1437 H / 4 November 2016

๐Ÿ”Š Channel Telegram Bahagia dengan Islam

https://t.me/bahagia_dengan_Islam

๐Ÿ“จ Yuk share,
Semoga bermanfaat bagi kita semua

#Hadits #Hati

Top